Kamis, 18 Desember 2008

The Overview of Ketika Cinta Menembus Masa Binapri Vindy Turningtias SMA NEGERI 1 PURWOKERTO

The Overview of Ketika Cinta Menembus Masa

Dara adalah seorang siswi SMA. Ia tinggal di sebuah kost putri bersama teman-temannya, siswi-siswi SMA juga. Mereka adalah Lia, Ovi, Uchi, dan Thamy. Kelimanya sudah seperti bersaudara satu-sama lain.

Di sekolah, Dara juga berteman banyak. Namun, dua sahabatnya yang erat adalah Anggun dan Lira. Persahabatan mereka begitu erat terjaga.

Sementara itu, Iaz adalah seorang anak keturunan Jawa-Turki-Amerika-Jerman. Ia bersabat dengan Miko. Keduanya memiliki konflik batin dengan orang tua. Iaz jauh dari orang tuanya yang di Amerika, sedangkan Miko masih sulit menerima ibu tirinya, yang sebenarnya baik hati.

Berawal dari buku diarynya yang ‘hilang’ ke masa lalu, Dara menemukan Uno. Cowok misterius itu begitu menarik baginya, dan Dara beri julukan Mr. Rious. Uno-lah yang menemukan buku diary Dara dan bermaksud mengembalikannya.

Awalnya, Dara hanya menginginkan buku diarynya kembali. Namun, rasa penasaran akan sosok Uno membuat Dara ingin mengenalnya lebih dalam.

Lewat surat, mereka bertegur sapa. Surat bukan surat biasa yang terkirim lalu diterima, melainkan surat yang mampu melompati masa, menembus waktu dan menghubungkan dunia masa depan dengan kehidupan masa lalu.

Sementara itu, Iaz sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta pertamanya. Padahal, kisah cinta Iaz begitu ganjil, bahkan untuk playboy sekelas Miko, sahabatnya sendiri.

Seiring dengan waktu, Dara dan Uno menjadi sepasang kekasih yang tak hanya ‘long distant’, tetapi juga ‘long time’. Mereka tidak pernah bertemu. Apalagi, rencana pertemuan mereka selalu gagal.

Karena itulah, Dara mengakhiri hubungan cintanya dengan Uno. Bukan karena tak sayang, melainkan karena Dara tak ingin terlalu berharap pada Uno yang maya, dan Dara tak ingin Uno juga berharap akan dirinya di masa depan. Dara sendiri tak mengerti dengan perjalanan cintanya.

Di lain sisi dan dimensi, Iaz sedang terguncang, cewek yang ia sayangi sebagai cinta pertama, memutuskan hubungan mereka. Iaz tak membenci cewek itu, hanya saja ia kecewa pada keadaan dan waktu. Iaz mengerti benar, ceweknya itu juga sebenarnya tak ingin berpisah.

Setahun berlalu. Banyak hal yang berubah. Anggun yang awalnya tomboy mulai menjadi ‘cewek’ sesungguhnya sejak jatuh cinta. Miko tak lagi playboy setelah bertemu dengan cintanya. Dara tak lagi tinggal bersama Lia, Ovi, Uci dan Thamy. Namun, satu yang tak berubah, perasaan Dara pada Uno!!!

Ternyata, cowok yang mampu mengembalikan ‘Anggun’ pada keanggunannya adalah Miko! Cewek yang berhasil melelehkan hati playboy Miko adalah Dara! Lantas, kemanakah Iaz? Siapakah Uno sebenarnya?

Akhirnya, Miko menyatakan isi hatinya pada Dara. Tentu saja, cinta Anggun yang tak terungkap harus merelakan Miko. Tetapi, di luar dugaan Anggun, Dara mengetahui semuanya. Dara menolak Miko. Lagipula, Dara juga masih mencintai Uno! Miko menerima itu dengan lapang dada. Apalagi, begitu ia mengetahui ada Anggun yang begitu sayang padanya.

Kemudian, dari Miko akhirnya semuanya terungkap. Suatu hari, Miko meminta bantuan Anggun dan Dara untuk mencari buku diary miliki pacar Iaz yang hilang di ruang Redaksi Mading. Buku diary itu ditemukan oleh Dara. Dara pun mengenali buku itu sebagai…..Buku diarynya yang dulu hilang! Buku diary yang tak pernah berhasil Uno kembalikan!

Semuanya terungkap. Miko menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Meski pahit, Miko akhirnya tahu bahwa cewek yang pernah dan selalu dicintai sahabatnya, Iaz, adalah Dara! Lebih pahit lagi ketika Dara harus mengetahui bahwa Uno adalah Iaz! Iaz, pengendara Honda CBR yang bertabrakan dengan truk Fuso di depan sekolah setahun yang lalu! Dara melihat dengan mata kepalanya sendiri! Sesungguhnya, Dara telah menyaksikan bagaimana Uno, cowok kesayangannya, pergi…. Yap, Iaz telah meninggal dunia.

Namun, bukan cinta namanya kalau tak bisa dipertahankan. Dengan penuh harapan, Dara mengirim surat lagi. Ia melawan batas waktu, suratnya melesat menembus masa.

Dengan surat itu, Dara memberi tahu Iaz alias Uno di masa lalu, agar tak terjadi kecelakaan yang merenggut nyawanya! Dara berhasil!

Keajaiban itu datang. Uno pada tahun 2006, tak mengalami kecelakaan. Dara pada tahun 2007, tak pernah menyaksikan kecelakaan di depan sekolah.

Uno dan Dara pada 2008, bertemu! Ketika akhirnya Miko merelakan Dara , ketika akhirnya Anggun menyambut Miko, ketika Dara bertemu kembali dengan cintanya, ketika cinta menembus masa.

Dalam novel ini, saya penulis, mengajak teman-teman pembaca untuk berimajinasi tentang cinta remaja (seperti biasa), namun plus imajinasi tentang waktu (ini yang luar biasa). Di sini, saya menampilkan para pelaku yang notabene adalah pelajar (biasa). Sehingga, saya tetap menampilkan bagaimana hakikat pelajar, yaitu cukup sibuk dengan tugas dan PR, obsesi berprestasi, plus kehidupan mereka sebagai anak kos (cukup ‘luar biasa’).

Tujuan saya menulis cerita ini adalah untuk menghibur pembaca dengan fiksi imajinatif. Saya menyajikannya dalam ‘format’ remaja, sesuai dengan usia saya. Meskipun tema cerita ini masih biasa, yaitu cinta remaja, namun saya memberikan bumbu berupa perbedaan waktu di dalamnya.

Amanat yang ingin saya sampaikan adalah tentang kesetiaan, kegigihan, tanggung jawab, keprihatinan, persahabatan dan kesabaran. Jika cerita ini sulit dibawa dalam logika, maka kembali pada hakikat awalnya, cerita ini adalah fiksi imajinatif, yang bertujuan sebagai penghibur untuk pembaca.

The Overview chapters of “Ketika Cinta Menembus Masa!”


1. Kost ‘Ratu Love’

Ratu Love adalah nama kost yang dihuni oleh Dara. Nama itu adalah singkatan dari daRa, Thamy, Uchy, Lia dan OviE. Mereka adalah Ratu Love!

Di sini diungkapkan kehidupan mereka di kost itu bersama ibu kost, hari-hari Ratu Love sebagai anak kost, pelajar dan lain-lain, hingga hal konyol serta peristiwa menarik yang terjadi di kost itu.


2. The Accident

Siang terik itu Dara menyaksikan suatu kecelakaan di depan sekolah. Korbannya juga siswa sekolah Dara sendiri!


3. Where Is The Book?

Dara begitu mencintai buku diarynya. Suatu hari karena kecerobohannya, buku itu hilang!

Dara tak tahu harus mencari ke mana. Padahal, buku itu ditemukan oleh seseorang!!!


4. Ada surat!!!

Pagi itu, Dara mendapat Surat dari seorang cowok yang mengaku bernama Uno. Dia juga mengaku telah menemukan buku diary Dara dan bermaksud mengembalikannya.

Anehnya, Dara tak pernah menemukan Uno sesuai dengan petunjuk yang ia berikan. Rasa penasaran terus menghantui Dara akan sesosok Uno.


5. Mata-mata

Inilah langkah. Dara selanjutnya! Dibantu dua sahabatnya, Anggun dan Windy, Dara memata-matai Uno.

Mereka hamper berhasil, namun, ternyata semua dugaan mereka salah! Cowok yang mereka kira adalah Uno, ternyata bukan. Malah, sosok Uno tidak juga terungkap hingga misi penyelidikan berakhir.

6. Yang Pertama

Untuk yang pertama, Iaz jatuh cinta pada seorang cewek. Iaz mengenalnya lewat surat. So, Iaz sendiri belum pernah melihat ceweknya itu. Iaz sangat ingin bertemu dengan cewek itu.

Jadi, Iaz dan Dara sama-sama sedang jatuh cinta. Yup! Dara diam-diam menyukai Uno!

7. Mama Baru Miko

Miko memang tak pernah pusing dengan hubungan pacarannya. Ketika bosan, ia cari dan ganti yang baru. Demikian pula dengan urusan tugas sekolah, karena ia memiliki Iaz. Eit, jangan salah dulu! Kalau ulangan, Miko lumayan juga kok, meski hampir setiap tugas, ia meng’copy paste’ dari Iaz, sahabatnya.

Namun kali ini Miko harus pusing dengan masalah yang dihadapi keluarganya. Miko telah belajar untuk terbiasa hidup tanpa mama di sampingnya. Miko berhasil. Ia sudah mampu menerima kenyataan bahwa tak ada lagi sosok mama terinta di sisinya.

Namun, kembali Miko harus belajar untuk menerima kehadiran ‘mama baru’ dalam hidupnya!!!!


8. Rindu Iaz

Tak ada masalah antara kedua orang tua Iaz. Keduanya baik-baik saja, dan Iaz sangat bersyukur karena masih memiliki mereka.

Sayang, mereka terpisah. Orang tua Iaz harus mengurus bisnis mereka, sedangkan Iaz memilih untuk tinggal….Sendiri…..Rindu Iaz bertambah lagi, yaitu rindunya pada cewek tersayang….


9. Koran Loakan

Dara mendapat tugas membuat kliping. Tentu saja Dara harus mengumpulkan bahan klipingnya dari berbagai merk dan edisi. Semua Dara peroleh dengan mudah karena bantuan Uno!

Uno mengumpulkan koaran-koran bekas masa depan untuk Dara!!! Sejak itu, mereka mulai tak canggung lagi mengungkapkan rasa sayang…..

10. Masa Lalu? Masa Depan? Ok!

Saat perbedaan waktu tak lagi membatasi, Dara dan Uno pun akhirnya jadian…..


11. Ketika Hujan Turun

Awalnya, semua baik-baik saja. Mereka masih saling menerima apa adanya. Namun, justru perbedaan waktu yang perlahan menyadarkan bahwa mereka tak mungkin bersatu.

Suatu hari, ketika hujan turun, Dara memutuskan untuk berpisah dengan Uno…..



12. Let it go

Seiring waktu berlalu, Dara kembali seperti dulu, sendiri. Meski perih menahan perasaannya, Dara mencoba selalu tegar.

Bayang Uno mulai lekang, namun tidak cintanya… Semua, kini Dara biarkan berlalu, mengalir seperti air. Ia yakin waktu yang akan menuntun jalan atas semua keluh kesah cintanya….


13. Patah Hati

Sementara itu, Iaz patah hati. Ia harus kehilangan ceweknya dengan alasan yang membuatbya begitu geram. Tapi, mau bagaimana lagi, Iaz harus rela.

Berkali-kali Miko mencoba menghibur Iaz. Tetapi Iaz masih saja bergundah gulana ria. Bahkan ketika orang tuanya kembali, Iaz tak mau diajak ikut bersama mereka!

Iaz ingin mencari jawaban…..

14. New Comer

Selepas Uno pergi dari kehidupan Dara, dating seorang cowok yang menawarkan cintanya untuk Dara. Dia begitu perhatian dan baik pada Dara.

Bagaimana respon Dara?! Ups! Ternyata Anggun juga mencintai cowok itu, Miko! Dara tahu tentang semua itu. Dara pun menolak Miko yang notabene cukup popular di sekolah!

Apakah hanya itu alasan Dara menolak cinta Miko? Tidak! Dara masih mencintai Uno….


15. Ketika Cinta Menembus Masa

Lewat Miko, identitas Uno terungkap! Dia adalah Elfren Saturno Diraz, alias Iaz! Cowok yang meninggal karena kecelakaan di depan sekolah, yang siang itu dilihat oleh Dara!

Begitu Dara tahu, ia langsung memberi tahu Uno lewat surat. Ia meminta Uno untuk tidak lewat gerbang barat, tempat kecelakaan terjadi.

Surat itu ditemukan Uno! Uno mengerti dan akhirnya mereka bertemu!!!

Tidak ada komentar: