Senin, 22 Februari 2010

Buktikan loyalitasmu !



Syahadat kedua
Syahadat rasul; asyahadu anna muhammadurrasulullah bermakna kita bersaksi, bersumpah dan berjanji bahwa Muhammad saw adalah rasul-Nya, khatimul anbiyaa’. Konsekuensinya adalah kita akan membenarkan ajaran yang dibawa beliau ; islam.
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. QS.An Nisaa [4]: 136
Jadi menjadikan Rasululah Saw sebagai contoh & idola, panutan & tuntunan adalah kepastian. Ar-Rasul qudwatuna, Rasulullah Saw adalah teladan kami.
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. QS. Al Ahzab [33]: 21.
Efek logis dari menjadikan beliau sebagai teladan adalah menaati dan mengikuti beliau. Kita berupaya meniru beliau dalam kehidupan sehari-hari sebagai remaja, pemuda, suami, pedagang, pemimpin dll.

Buktikan loyalitasmu !
Loyalitas/kesetiaan adalah kata yang merangkum banyak kata ; mendukung, membantu, menolong, memihak, membela, menaati dan membersamai. Loyalitas kepada Rasul adalah bagian dari loyalitas kepada Alloh Swt.
Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka. QS.An Nisaa [4]: 80
Dulu para shahabat benar-benar menunjukan loyalitasnya dengan ikut berjihad [perang], mengamalkan semua sunnahnya. Kini bagaimana dengan kita yang tidak pernah bertemu dengan beliau. Berikut adalah beberapa wujud loyalitas kita pada Nabi Muhammad Saw :
1. Mengkaji sirah nabawiyah. Ada yang ditulis Dr.Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthi, Syaikh Syafiyurrahman Al Mubarakfury dan ulama yang lain. Jadi salah satu bacaan wajib seorang muslim adalah Sirah Nabawiyah sebab disana ada sejarah dakwah era nubuwwah yang padat dengan pelajaran.
2. Menghidupkan sunnah beliau seperti puasa sunnah, qiyamullail, tadarus, sholat sunnah, bersedekah, bersiwak, menikah dan masih banyak lagi sunnah rasul yang mungkin sebagiannya sudah kita lakukan. Shollu kama raitumuni usholli…
3. Bershalawat kepada Nabi Muhamamd saw dalam sholat dan diluar sholat.
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan baginya". (Al Ahzab: 56).
4. Membela sunnah beliau bila dilecehkan, meluruskan jika disalah artikan

disampaikan pada Kajian RIMBAS, 20 Februari 2010/ 6 Rabi'ul Awwal 1431H di Masjid Agung Baitussalam

Tidak ada komentar: