Senin, 09 November 2009

1 month 1 shaum


Ass.. Ka’ mau tnya Kn ada hadist, dari Abu Hurairah ktanya:’Telah berpesan kpdKu tmanku[Rasulullah SAW].3 macam pesan: puasa 3hri stiap blan, shlatdhuha 2rekaat & shlat wtir sblm tdur” [HR.Bukhari & Muslim] Ka maksud dr puasa 3hri stiap blan tu apa? Mksh.
081226717887

7 Oktober 2009 pkl.20.23, 1 SMS lagi masuk di K22Oi ku, semakin penuhlah inbox ku. Ya, tidak semua SMS yang masuk saya delete. Beberapa saya save, terutama yang bagus dan penting. Kaya yang satu ini. Saya balas saja…
Aslmkm.maaf br bls. Puasa 3hr tiap bln adlh tggl 13,14 & 15 di bln Hijryh.Dsbt jg ayyaumul bidh. Ad haditsny rwyt imam tirmidzi.slmt mcoba.smg bpahala.thanx.

Dan Alhamdulillah,saya dapat ide baru yang kemudian menjelma sebagai satu program baru. 1 month 1 shaum, itu nama amal barunya. Setelah sukses dengan 1 day 1 juz yang berfokus pada how 2 read Al-Qur an well and make it a habit, saya segera menggulirkan satu produk baru; puasa.

Bagi sebagian besar kita berpuasa di luar bulan Ramadhan mungkin sama beratnya dengan tilawah 1 day 1 juz. Akan tetapi jika kita bisa kuat mengangkat beban seberat 30 kg maka bila dengan beban 8 kg pasti sangat bisa. Begitulah perumpamaan puasa yang sering saya sampaikan. Kita telah sukses puasa Ramadhan 30 hari maka kita akan sangat mampu puasa kurang dari 30 hari. Namun meskipun enteng dan lebih ringan dari puasa wajib, sangat sedikit yang mampu melakukannya. Ya, seperti mengenggam bara api,kata Rasul Saw,bila melaksanakan amalan sunnah di zaman ini.

Yaumul Bidh adalah satu dari beberapa pilihan peluang emas yang bisa kita raih di luar bulan Ramadhan. Tidak makan 3 hari berturut-turut adalah hal yang enteng sebab kita masih punya 27 hari dimana kita bisa makan sepuasnya. Tentu saja tidak melebihi 1/3 perut kita sebagaimana anjuran Baginda Rasul Saw.
Ada pula shaum Senin-Kamis. Ini adalah puasa yang sering dilakoni Kanjeng Nabi Saw. Akan tetapi bukan karena beliau lahir hari Senin. Melainkan ada keinginan agar amal beliau dicatat Alloh Swt saat berpuasa. Waduh, rendah hati amat manusia yang satu ini padahal sudah dijamin surga oleh Yang Maha Tinggi. Jadi total kita hanya berpuasa 8 hari selama 1 bulan. Masa’ ga mampu…
Selain itu ada shaum Daud. Puasa ini diambil dari penggagas dan perintis amal ini; Nabi Daud a.s. Shaum ini tergolong unik sebab memiliki pola; 1 hari puasa - 1 hari berbuka. Keren kan? jadi separoh bulan kita berpuasa, selebihnya makan enak. Bisa jadi shaum yang satu ini tergolong ‘cukup berat’ bila dibandingkan dengan shaum yang lain. Akan tetapi semuanya akan terasa ringan bila dilakukan dengan ikhlas, gembira ria. Apalagi jika bersama-sama seperti shaum Ramadhan. Faktor yang terakhir ini lah [rame-rame,-pen] yang membuat kita semua kuat dan semangat berpuasa 30 hari. Mungkin.

Maka alangkah indahnya bila kita bisa bersama-sama, rame-rame melaksanakan ibadah shaum sunnah dalam 1 bulan. Kita pasti akan bersemangat dan kuat sampai bedug maghrib. Kita bisa bentuk 1 komunitas lagi yang akan bersama-sama, beramal jama’i menjalankan amalan sunah yakni shaum.
Pilih saja 1 shaum dari ketiga shaum diatas alias 1 bulan 1 jenis puasa. Lakukan beberapa bulan lamanya, 6 -12 bulan. Kalau sudah konsisten dan istiqomah. Coba buat variasi. Misal, 2 bulan ini shaum Senin-Kamis. 2 bulan berikutnya shaum Yaumul bidh. Biar enjoy bin semangat ajak teman-teman juga.

Dengan rahmat Alloh Swt yang maha gagah, dengan ini program 1 month 1 shaum secara resmi saya gulirkan. Bismillahi Allohu Akbar !!!

Tidak ada komentar: