Rabu, 04 November 2009

Ramadhan, Bulan Prestasi



Assalamu’alaikum wr wb.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallaah. Allohu akbar. Selamat sore Bapak, Ibu, Mas dan Mbak dan masyarakat yang sore ini melintas di jalan HR Boenjamin.

Alhamdulilah kita bertemu dengan bulan yang suci dan mulia. Bulan Ramadhan adalah bulan yang diagungkan Alloh Swt bahkan disebut dalam Al-Qur an.

Bapak, Ibu, Mas dan Mba yang baik. Saya ingin menyampaikan kultum tentang Ramadhan, bulan prestasi. Sebelumnya saya tanya dulu dengan penyiar Yasika nih. Prestasi itu apa sih? Kita pasti sering mendengarnya. Ada mahasiswa berprestasi, misalnya. Apa prestasi itu Mas? Perbuatan baik, bisa.
Saya punya definisi yang lebih simple. Prestasi adalah karya terbaik. Karya yang lahir dari kerja keras, dengan kesungguhan. Itu prestasi.

Bapak, Ibu, Mas dan Mba yang baik. Kita sudah sama-sama tahu bahwa di bulan suci Ramadhan kita diwajibkan berpuasa. Full 1 bulan. Dan ternyata di bulan suci ini ummat islam pun banyak menorehkan prestasi sejarah emas. Diantaranya adalah perang Badar,tahu ya. Perang ini adalah perang perdana ummat islam pasca hijrah. Di tahun ke-2 itu 300 ummat islam bertarung, berperang melawan sekitar 1000 kaum Qurays, musuh islam. Kalah atau menang? Dengan izin Alloh Swt, kita menang.
Lalu, Palestina juga direbut kembali oleh pejuang islam yang gagah perkasa, Panglima Besar Shalahudin Al-Ayyubi juga terjadi di bulan ini. Bahkan Fath hul Makkah atau penaklukan kota Mekah oleh pasukan Rasulullah Saw juga ditakdirkan di bulan Ramadhan. Hebatnya lagi tanpa pertumpahan darah. Islam menang telak. Allohu akbar ! jadi memang ada kaitan erat antara prestasi ummat islam dengan Ramadhan.

Bapak, Ibu, Mas dan Mba yang baik. Sekarang berprestasi di bulan Ramadhan seperti apa? Pertama, tarawih. Sholat malam ini hanya ada di bulan Ramadhan. Kalau kita bisa tarawih tanpa henti, tiap malam, engga telat. Itu prestasi Pak, Bu. Karena ga mudah tarawih itu, kita harus melawan nafsu ngantuk dan tidur kita, melawan godaan sinetron religi. Walaupun ceritanya islami tetap saja bukan amalam Ramadhan, ga akan berpahala.
Lalu apa lagi prestasi kita… tadarus. Nah ini..tadarus adalah amal unggulan sebab dibulan ini pula Alloh Swt mengawali turunya wahyu Al-Qur an yang berfungsi sebagai petunjuk, hudallinnas. Dalam Al-Qur an surah Al-Baqarah ayat 185 Way of life, penuntun kehidupan. Maka usahakan bisa khatam Qur an 1 kali. Bisa ? bisa tidak? Kalau bisa itu prestasi.

Terakhir, saya mengajak kepada siapa saja yang berpuasa di bulan ini, ayo kita jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan berprestasi. Melakukan yang terbaik dalam setiap ibadah kita sehingga saat nanti kematian tiba kita sudah mempunyai banyak hala yang bisa dibanggakan, yang bisa dipersembahkan untuk Alloh Swt. Allohu a’lam.

Mari kita beroda sebelum berbuka puasa, Allohumma laka shumtu….. Amiin. Selamat berbuka puasa, semoga Alloh Swt menerima amal ibadah kita hari ini.

Wassalamu’alaikum wr wb

Purwokerto Kota Satria,
Sabtu, 29 Agustus 2009

Tidak ada komentar: