Senin, 22 Maret 2010

memotivasi untuk belajar



90 menit berlalu begitu cepat, materi ‘Muslim up to date’ tuntas saya sampaikan dihadapan lebih dari 300 siswa SMA N 1 Purwokerto dalam Kajian Umum Maulid Nabi Saw, 20 Maret 2010.
Setengah becanda saya nyletuk bagi peserta yang tidak sempat menyampaikan pertanyaan, bisa via SMS. Tak ku duga ada beberapa SMS di inbox ditengah sesi diskusi. Ini salah satunya.
Assalamualaikum. Sy ajeng dr kelas x-3. sy mau nanya bgmn caranya memotivasi kita untuk belajar? 085291482033. 20 Maret 2010, pukul.09.27.57 wib.
Maaf, SMS balasannya tidak tersimpan tapi lebih kurang ini isinya; aslmkm. motivasi lahir dr manfaat. qt th manfaat bljr.qt th krugian jk tdk bljr.temukan itu dl mk qt akn bs mmotivasi bljr,ok?

Ini jawaban selengkapnya. Dalam buku ‘Quantum Teaching’, kita mengenal istilah ‘AMBAK’ alias Apa Manfaatnya Bagi Ku’. Pertanyaan ini lah yang selalu kita sampaikan saat kita melakukan apa saja. Dan saya pun ATM (Amati Tiru Modifikasi), hasilnya ’AGUS’ alias Apa Gunanya Bagi Saya.
Temukan AGUS itu. Sebab semakin kita tahu banyak manfaat atau kegunaan dari hal yang kita lakukan maka akan semakin kuat motivasi kita. Walaupun apa pun yang terjadi ia akan tetap melakukan. Orang yang tahu manfaat fitness maka malam pun, sepulang kerja pun atau kapan pun akan tetap fitness karena ia ingin mempunyai body yang seksi atau atletis.
Kita tahu kerugian bila tidak belajar. Kita kan bodoh, ketinggalan zaman bahkan katro bin jadul.Selain itu belajar adalah perintah agama, wajib bagi setiap muslim dari lahir hingga mati.Siap ?

Tidak ada komentar: