Kamis, 18 Maret 2010

TKO ROHIS MAN 2 Purwokerto



Bak tradisi bagi sebuah kepengurusan baru, pembekalan ilmu keorganisasian pasti diadakan sebagai pijakan awal sekaligus pondasi kerangka berorganisasi. Itulah yang dilakukan ROHIS MAN 2 Purwokerto baru-baru ini. Organisasi keislaman intra sekolah itu menyelenggarakan Training Kepemimpinan & Organisasi (TKO) pada Sabtu-Ahad, 27-28 Februari 2010 di Aula MAN 2. Acara yang dikemas dengan konsep MABIT (Malam Bina Iman & Taqwa) ini diikuti oleh semua pengurus ROHIS dan perwakilan organisasi intra seperti PMR & Pramuka. Menariknya lagi selama acara berlangsung ada hiburan hadroh, seni musik khas pesantren. Asyik juga… hadroh cafe
Ada dua materi besar dalam training kali ini. Pertama, Prophetic Leadership (Kepemimpinan ala Nabi Saw) yang disampaikan lugas oleh Ust.Prio Sudiyatmoko, Direktur NURy Youth Centre. Kepemimpinan merupakan aspek penting dalam organisasi. Tiada organisasi tanpa pemimpin. Ia memimpin, mengendalikan bahkan menjadi kunci suksesnya organisasi. Kullukum ra’in wa kullukum mas’ulun ‘an ra’iyyatihi, setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai LPJnya, menjadi ruh utama materi sore itu.
Ba’da ‘isya, giliran Bhayu Subrata, kadiv Syiar NURy Youth Centre membawakan ‘Managing Organization’ sebagai materi kedua dengan suasana semangat. Maklum baru pada makan malam.
“Alloh Swt memerintahkan kita untuk terorganisir, solid dan kokoh dalam berorganisasi sebagaimana dalam QS.Ash Shaaf : 4, ada yang hafal? ini ayat populer lho.” ujar ikhwan yang juga pendiri Komunitas 1day 1juz Indonesia. Peserta juga diminta menyusun visi ROHIS menurut kelompok masing-masing. Acara hari pertama diakhiri nonton bareng film islami, ’Koran Gondrong’, karya sineas muda muslim Indonesia. Rencananya ada juga qiyamullail dan muhasabah.

Esok paginya, acara dilanjutkan dengan outbound yang merupakan tindak lanjut atau aplikasi dari materi indoor. Ada 2 kelompok ikhwan dan 4 kelompok akhwat. Games yang dimainkan antara lain 10up-10down, time bomb, trustfall long beach,spiderweb, man tower dan freeman. Games tadi memuat banyak nilai seperti kepemimpinan, kreativitas, kekuatan, kekompakan, merancang strategi, kebersamaan, pengorbanan, kesabaran dan ketelitian. Nilai-nilai tadi mutlak ada dalam berorganisasi. ROHIS MAN 2, be the best, go !

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Afwan Akh, saya mau tanya masih ada tidak liqo untuk akhwat seperti dulu yang biasanya diadakan setiap ahad di masjid Baitussalam. Syukron.
Fitri Prihatini Eks ROHIS SMK N 1 PWT Angkatan 2011.