Sabtu, 18 Oktober 2008

Mewarisi Sang Nabi

Mewarisi Sang Nabi

Oleh Ayyub

Muhammad. Siapa yang tidak mengenal manusia mulia ini ? Tidak ada, semua tahu pembawa risalah terbesar dan terakhir bagi manusia ini. Beliau hadir untuk semua, (QS. Sabaa’ [34]: 28). sebagai khatimul ambiyaa. Tiada kebenaran dan tiada pembawa kebenaran setelah beliau. Tidaklah mengherankan jika orang Barat Michael Hart memasang nama nabinya ummat islam ini sebagai orang pertama yang paling kuat dan terbesar pengaruhnya dalam sejarah adanya manusia. Mari kita simak pengakuan si non Muslim ini dalam bukunya “100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah”

Muhammad bukan saja bertanggung jawab terhadap teologi Islam tapi sekaligus juga terhadap pokok-pokok etika dan moralnya. Tambahan pula dia "pencatat" Kitab Suci Al-Quran, kumpulan wahyu kepada Muhammad yang diyakininya berasal langsung dari Allah. Sebagian terbesar dari wahyu ini disalin dengan penuh kesungguhan selama Muhammad masih hidup dan kemudian dihimpun dalam bentuk yang tak tergoyangkan tak lama sesudah dia wafat. Al-Quran dengan demikian berkaitan erat dengan pandangan-pandangan Muhammad serta ajaran-ajarannya karena dia bersandar pada wahyu Tuhan.

Diakhir tulisannya Michael Hart menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan Nabi Muhammad sungguh-sungguh luar biasa!

Jadi, dapatlah kita saksikan, penaklukan yang dilakukan bangsa Arab di abad ke-7 terus memainkan peranan penting dalam sejarah ummat manusia hingga saat ini. Dari segi inilah saya menilai adanya kombinasi tak terbandingkan antara segi agama dan segi duniawi yang melekat pada pengaruh diri Muhammad sehingga saya menganggap Muhammad dalam arti pribadi adalah manusia yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.

Banyak buku yang mengupas pribadi Muhammad. Banyak tulisan yang mengungkap sisi lain beliau. Tapi itu tak kan pernah akan cukup untuk menguak segalanya tentang insan kamil ini. Artinya memang beliau lah sang nabi yang Alloh Swt tegaskan fungsi dan perannya bagi manusia yakni sebagai teladan (QS.Al-Ahzab [33]: 21). Sebagai contoh, model yang sangat bisa kita tiru. Itulah salah satu hikmah mengapa Alloh Swt memilih manusia sebagai utusan-Nya. Meneladani Nabi Muhammad Saw adalah bagian dari bukti syahadat risalah kita; asyhadu anna muhammadarrasulullah. Selain mencontoh beliau, mencintai dan bershalawat untuk beliau juga kewajiban kita semua. Ya, bershalawat pada beliau merupakan bukti cinta kita. Shallu ‘alaih !. Meneladani beliau berarti taat dan mengikuti semua sunnah beliau. Memang tidak harus langsung 100 % sekaligus akan tetapi bisa pula bertahap menuju kesempurnaan.

Ada sifat dan karakter para nabi, khususnya Nabi Muhammad yang perlu dan harus kita tiru. Shidiq atau jujur. Kita harus menjadi orang jujur. Jujur itu sifat dan akhlak terpuji. Jujur itu dekat dengan keimanan, sebab bila tidak jujur bisa jadi kita termasuk golongan munafik, orang munafik adalah orang yang rusak imannya. Jujur itu apa adanya, kulil haq walaw kaana muuran, katakanlah kebenaran itu meskipun pahit. Muhammad muda dijuluki sebagai Al-Amin oleh masyarakat Arab karena selalu jujur, tidak pernah berdusta.

Tabligh atau komunikatif, gaul, merakyat, akrab, ramah, supel. Kita harus dekat dan bermasyarakat, bersosialisasi, terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat. Untuk semua pemimpin di level dan organisasi manapun, milikilah sifat ini, niscaya Anda akan dicintai dan disegani orang lain. Rasulullah Saw dekat dengan siapa saja, mulai budak hingga para raja, padahal beliau rasul. Inilah salah satu kunci kesuksesan dakwah dan kehidupan beliau. Moso’ kita baru jadi Ketua RT/ RW, Lurah/Kades, / Camat/Bupati/Gubernur/Anggota Dewan, Presiden saja sudah menjaga jarak dengan rakyat.

Amanah atau dapat dipercaya. Sifat ini identik dengan bertanggung jawab, kredibel. Jadilah orang yang selalu layak mendapat amanah. Dan amanah dalam menjalankan amanah. Amanah disini adalah profesional, gigih, disiplin, bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas. Siapapun Anda, pastikan menjadi orang yang paling amanah dalam segala hal, keluarga ataupun bisnis, insya Alloh Anda akan sukses dunia dan akhirat.

Fathonah atau cerdas, pintar, berpendidikan. Kisah hijrah, perang Uhud, perang Ahzab, perjanjian Hudaibiyah adalah bukti nyata kecerdasan beliau. Ingat sabda Rasul Saw, menuntut ilmu wajib bagi setiap musllim. Kita juga harus cerdas dalam ilmu dunia dan ilmu akhirat. ESQ, mungkin itu yang paling pas saat ini. Kecerdasan yang berpangkal dan berujung pada sang Khaliq.

Tiru juga bagaimana beliau beribadah yang digambarkan oleh Ummul Mu’minin ‘Aisyah r.a, sampai kaki suaminya bengkak. Tangisan beliau membuat jenggot putihnya basah. Rukuk beliau sama panjangnya dengan sujud. Bacaan Qur an beliau sangat indah hingga melunakan hati yang sudah membatu. Contek saja bagaimana Rasulullah di siang hari, fursanu finnahar, wa ruhbanu fillail, laksana prajurit berkuda di siang hari dan bak rahib di malam hari. Amati pula mendidik putra-putri beliau, mendidik para shahabat, sehingga mampu mencetak kader muslim yang luar biasa. Bila muridnya saja sehebat Abu Bakar, Umar, Utsman, ‘Ali, Bilal, Zaid, Saad dll. Bisa kita simpulkan, betapa luar biasanya gurunya.

Lihat pula bagaimana kehidupan sehari-hari Rasulullah Saw, Al-Qur an berjalan !. Kedermawanan beliau bertambah saat Ramadhan tiba. Kezuhudan, kesederhanaan dan keberpihakan beliau juga amat menakjubkan. Kecintaan beliau akan kebaikan ummat terucap saat sakaratul maut, ummatii, ummatii, ummatii… Kaji pula kelihaian beliau memenej waktu, energi, SDM sebagai rasul, ayah, kepala keluarga, pemimpin agama, dan kepala negara sehingga semuanya berjalan selaras, sinergis dan…sempurna, juga perlu kita dalami dan terapkan. Dan prestasi gemilang beliau masih bisa kita rasakan sekarang dan hingga yaumil akhir nanti. Allohu Akbar !!!

Selamat mengkaji kembali sejarah, kehidupan dan amal beliau. Dan marilah kita meneladani, mencontoh beliau dalam segalanya, sesuai kemampuan maksimal kita.

>i<

Ayyub adalah nama pena dari penulis yang bernama asli Bhayu Subrata. Ikhwan yang gagal bergabung dalam grup FLP ini akhirnya memutuskan bersolo karier dengan mengeluarkan album solo perdana yang berjudul ‘sayabhayu.multiply.com’, yang ternyata tidak meledak di pasaran. Beruntung tidak stres, akhirnya dia ikut audisi dan lolos menjadi anggota RIMBAS dan sekarang suara bass nya sering terdengar di radionya mesjid, Baitussalam 107,8 FM.

1 komentar:

Badroe mengatakan...

assalamu'alaikum